A. Pengerian ERP
Tujuan ERP
- ERP merupakan software yang ada dalam
organisasi atau perusahaan untuk :
- Otomatisasi dan integrasi banyak proses bisnis
- Membagi database yang umum dan praktek bisnis melalui enterprise
- Menghasilkan informasi yang real-time
- Memungkinkan perpaduan proses transaksi dan kegiatan perencanaan
- Integrasi antara area fungsional yangberbeda
untuk meyakinkan komunikasi,
produktifitas dan efisiensi yang tepat. - Rancangan Perekayasaan
- Pelacakan pemesanan dari penerimaan sampai fulfillment
- Mengatur saling ketergantungan dari proses penagihan material yang kompleks
- Pelacakan 3 cara yang bersesuaian antara pemesanan pembelian, penerimaan inventori, dan pembiayaan
- Akuntasi untuk keseluruhan tugas: melacak pemasukan, biaya dan keuntungan pada level inti
- Terbatasnya kustomisasi dari perangkat lunak ERP
- Sistem ERP sangat mahal
- Perekayasaan kembali proses bisnis untuk menyesuaikan dengan standar industri yang telah dideskripsikan oleh sistem ERP dapat menyebabkan hilangnya keuntungan kompetitif
- ERP sering terlihat terlalu sulit untuk beradaptasi dengan alur kerja dan proses bisnis tertentu dalam beberapa organisasi
- Sistem dapat terlalu kompleks jika dibandingkan dengan kebutuhan dari pelanggan
- Data dalam sistem ERP
berada dalam satu tempat, contohnya : pelanggan, data keuangan. Hal ini
dapat meningkatkan resiko kehilangan informasi sensitif, jika
terdapat pembobolan sistem keamanan.
- PT. Kereta Api Indonesia (PT KAI)
- PT. Semen Gresik
- PT. Jamu Puspo Indonesia (JPI)
- PT Telkomsel
- PT PLN ( persero )
- Pertamina
- Petrokimia Gresik
- Astra Internasional Tbk
Tujuan EDI
- Apabila proses tersebut terpenuhi, otomatis proses bisnis internal perusahaan tersebut akan menjadi lebih baik, terencana dan pada akhirnya hubungan bisnis dengan pihak lain-pun akan dapat lebih baik juga.
- Keuntungan dalam menggunakan EDI adalah waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya, mengurangi kesalahan, memperoleh respon yang cepat, pengiriman faktur yang cepat dan akurat serta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.
Standarisasi EDI
- SPEC 2000
- ANSI X12 Standard AS dan Canada
- EDIFACT (Standard Eropa)
- IEF
Kelebihan EDI
- Meningkatkan kecepatan dan akurasi penanganan dokumen bisnis yang secara keseluruhan telah di-input kedalam sistem sehingga secara otomatis akan diperoleh data yang up to date.
- Pertukaran dokumen bisnis dapat dilaksanakan setiap waktu : 24 jam sehari, 7 hari seminggu (non stop).
- Meningkatkan kepuasan pelanggan.
- Meningkatkan efektifitas dan efisiensi perusahaan dalam alur dokumen informasi.
- Menjaga keharmonisan hubungan antar partner perusahaan
- PT. JICT
- PT. Multi Terminal Indonesia
- TPK Koja
- Bogasari
- Direktorat Jenderal Bea dan Cukai